FAQ

Kenapa harus menggunakan Agency Kuliah ke Malaysia ?

Hal ini yang cukup sering dipertanyakan. Jadi ada baiknya akan kami jelaskan kembali. Mulai kenapa harus pakai jasa agency sampai Syarat Kuliah di Malaysia.

Agency pendidikan bertujuan untuk membantu calon mahasiswa dalam hal registrasi mahasiswanya.

Dulu untuk masuk dan kuliah ke Malaysia tidak banyak yang diurus, namun sekarang hal ini sudah berbeda.

Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat kuliah di Malaysia ?

Dulu visa itu di bikin setelah si mahasiswa berada di malaysia, skrg proses pembuatan visa dibagi menjadi 3 tahap :

1. Proses pembuatan VWR

VWR ini visa with reference. Jadi semacam surat izin bagi warga asing untuk masuk ke Malaysia dalam hal ini khusus sebagai pelayar. Prosesnya pembuatan visa ini cukup lama. Pengajuan ke kampus, kampus akan melanjutkan ke EMGS (Education Malaysia Global Service). Setelah 2 minggu di EMGS maka berkas akan di cek ke Imigrasi Negara Malaysia. Hal ini memakan waktu 1 bulan. Setelah disetujui oleh imigrasi barulah VWR bisa dikeluarkan Oleh EMGS. Setelah itu baru didistribusikan ke Kampus dan ke calon mahasiswa.
Untuk VWR ini sekarang melalui 2 tahan pengajuan, pertama secara online dan setelah itu baru secara manual.

2. Proses pembuatan Singel Entry

Setelah mendapatkan VWR maka si calon mahasiswa harus segera berangkat ke Kedutaan besar Malaysia untuk mengajukan visa singel entry. Visa ini berguna untuk 3 bulan pertama.

3. Proses pembuatan visa pelajar

Ada kabar gembira bagi calon mahasiswa Indonesia yang mau kuliah ke Malaysia. Kabarnya visa pelajar akan di berikan selama masa kuliah si mahasiswa tersebut di Malaysia, artinya sesuai dengan program yang dipilih. Jadi bisa 3,5 tahun atau 4 tahun bahkan 5 tahun bagi mahasiswa program S3.

Nah kebanyakan calon mahasiswa Indonesia tidak mengetahui hal ini. Sehingga 2 periode penerimaan mahasiswa di Malaysia ( September 2015 dan Februari 2016 ) banyak Mahasiswa Indonesia yang gagal belajar di Malaysia karena perkara ini. Mereka datang dan tidak mengurus proses pembuatan visa tahap 1 dan 2. Kampus tidak dapat menerima mahasiswa yang tidak menyelesaikan urusan imigrasi terlebih dahulu.

Bahkan ada beberapa kampus di Malaysia yang menerima registrasi mahasiswa secara online. Tapi untuk pengurusan visa ini ada tahap manual dan apabila berkas kamu kurang atau bermasalah, maka kamu harus bolak balik ke Malaysia hanya untuk mengurus hal sepele seperti menganti foto atau selembar kertas fotokopi passport kamu.

Jadi kamu pilih mana ?
Urus sendiri atau pakai agency ?

Education Agency Service for You | Agen Pendidikan Kuliah ke Malaysia
Agen Kuliah ke Malaysia Terpercaya