Inilah Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri

A. BALAJAR UNTUK MANDIRI
Ketika memilih untuk berkuliah ke luar negeri kita harus sadar bahwa “mandiri” adalah hal utama yang mesti kita punya. Belajar untuk mengurus diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri harus dimulai sejak dini. Semua itu harus kamu kuasai sebelum kamu kuliah keluar negeri dan hidup sendiri di negeri orang.
B. PILIH JURUSAN, UNIVERSITAS DAN NEGARA TUJUANMU
Jurusan sebenarnya adalah hal utama yang seharusnya jadi alasan kamu berkuliah, tapi tidak jarang orang menjadikan pilihan berkuliah karena memiliki impian berkuliah di negara tertentu atau di universitas tertentu. Semuanya menjadi hal yang mesti kamu pertimbangkan, nah dari sekarang mulai lah membuat perencanaan kamu ingin bekerja dibidang yang sesuai pasion kamu, jadi dengan begitu kamu bisa menentukan jurusan apa yang bakal kamu ambil nantinya, setelah itu kamu tinggal menyesuaikan kira-kira Universitas mana yang menawarkan jurusan tersebut dan di negara mana letaknya. Atau kamu bisa menyesuaikan sesuai negara tujuan kamu berkuliah dan mencari universiatas yang menawarkan jurusan yang kamu minati.
C. CARI TAU PERSYARATANNYA
Nah ini yang kadang membuat calon pelajar internasional berfikir ulang untuk berkuliah ke luar negeri. Karena sitiap universitas memiliki kualifikasinya masing-masing misalnya kualifikasi level penguasaan bahasa calon pelajarnya.
D. MENYIAPKAN DOKUMEN
Langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti, paspor, hasil tes bahasa, ijazah, dan visa pelajar.
E. BELAJAR BAHASA DAN BUDAYA NEGARA TUJUAN
Ini persiapan yang bisa di bilang penting, karena ketika kita berada disuatu tempat kita mesti cepat beradaptasi baik itu cara berbahasa, sopan santun, tutur kata yang baik serta budaya mereka yang harus kita hormati. Dengan begitu kita akan leih merasa nyaman di tempat yang baru sehingga betah untuk belajar di negara tersebut.
F. BAWA BARANG PRIBADIMU SEEFISIEN MUNGKIN
Siapa kira-kira kalau pergi bawaannya kayak pindahna rumah? Haha. Mungkin benar ketika kita memutuskan kuliah di luar negeri kita akan menetap disana cukup lama, dan tidak mungkin juga pulang ke negara asal untuk mejemput barang-barang pribadi kita lagi. Tapi ketika kita berangkat sebisanya hanya membawa barang-barang pribadi yang penting saja seperti, baju, celana, sepatu, jangan lupa obat-obatan pribadi. Yang tidak boleh ketinggalan adalah makanan khas Indonesia biar nanti ada obat rindu buat kamu.
G. BERDO’A DAN JAGA KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA DAN KELUARGA
Setalah semua persiapanmu selesai hal terkhir ang harus kamu lakukan adalah berdo’a agar jalan yang kamu pilih berkah dan di lancarkan sampai kamu sarjana nanti. Karena walaupun perisapanmu sudah matang hal yang dapat memudahkaanya hanyalah do’a kepada Tuhan YME. Selalu tetap berkomunikasi dengan orang tua dan keluarga di negara asal dapat menjadi penyemanggat kamu ketika kamu capek menjalani hidup sebagai mahasiswa di negeri orang.
Bagaimana lumayan ribet ya untuk kuliah ke luar negeri, iya dong di Indonesia aja buat kuliah juga banyak syaratnya apa lagi ke luar negeri. Tapi tenang teman-teman kita dari EASY (Education Agency Service for You) hadir untuk membantu teman-teman yang mau kuliah keluar negeri khususnya ke Malaysia. Segera hubungi agen kami supaya dapat keterangan lebih lanjut, dan dapatkan 1 kursi di jurusan favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *